Kamis, 19 Februari 2015

5 Makanan Yang Baik Untuk Mengontrol Asma

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa diet dengan makanan tinggi nutrisi yang seimbang merupakan langkah penting untuk mengelola asma dan menjaga sistem kekebalan tubuh Anda. Untuk mengontrol asma, penting bagi anda melakukan penanganan yang tepat. Kebanyakan orang biasanya mengonsumsi obat-obatan yang telah disediakan oleh dokter, agar asmanya tidak kambuh. Namun, penderita asma mungkin lama-kelamaan merasa bosan jikalau harus selalu mengonsumsi obat. Nah, untuk mengurangi ketergantungan anda terhadap obat asma dari dokter, anda dapat menyeimbangkan asupan gizi anda, dan memilih-milih makanan yang baik untuk menjaga penyakit asma agar tidak kambuh. Berikut ini 5 makanan yang baik untuk mengontrol asma yang dapat memberi beberapa manfaat untuk mengurangi kuantitas kambuhnya sesak nafas.

1. Zat gizi pada buah-buahan dan sayuran

Sudah lama diakui bahwa antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar sangat baik untuk kesehatan Anda. Para peneliti mempelajari sekelompok orang yang mengikuti diet Mediterania (rencana makan yang menekankan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dan lemak sehat) dan menemukan bahwa peserta ini memiliki kontrol asma lebih baik daripada rekan-rekan mereka. Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa buah-buahan dan sayuran segar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan di paru-paru. Selain itu, buah-buahan dan sayuran adalah makanan rendah kalori yang mengisi, dan membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat.

2. Suplemen minyak ikan untuk kesehatan paru-paru

Ketika Anda melengkapi upaya pengendalian asma dengan minyak ikan, Anda menambahkan sumber berharga asam omega-3 lemak yang baik untuk kesehatan Anda dan paru-paru. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal Chest mengungkapkan bahwa orang dengan asma akibat olahraga yang menambahkan minyak ikan ke dalam menu mereka mampu mengurangi penyempitan saluran napas. Temuan ini penting pada dua tingkat, karena itu berarti bahwa minyak ikan dapat membantu mengelola asma dan juga dapat menjadi strategi untuk mengurangi resiko efek samping dari obat asma kimia.

3. Apel

Anda tahu bahwa apel baik untuk kesehatan, tetapi apakah Anda juga tahu bahwa apel dapat mengurangi resiko mengalami serangan asma? Manfaat ini berasal dari antioksidan kuat yang terkandung dalam kulit buah (terutama dalam apel merah) dan memberikan antihistamin alami dan efek inflamasi yang dapat membantu mengatasi alergi dan asma. Sebuah studi yang termasuk dalam American Journal of Respiratory Critical Care Medicine menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi apel dua kali seminggu memiliki sebanyak resiko ketiga lebih rendah terkena asma.

4. Makanan yang mengandung vitamin D

Makanan yang mengandung vitamin Dseperti susu, telur dan ikan. Orang yang memiliki keluhan asma tampaknya kekurangan vitamin D, karena itulah, sangat baik bagi penderita asma untuk memilih makanan tinggi vitamin D. Cara lain yang mudah untuk meningkatkan kadar vitamin D Anda adalah dengan menghabiskan beberapa menit menyerap sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya.

5. Makanan pedas yang mengandung vitamin C

Vitamin C yang terkandung dalam cabe pedas bisa baik untuk kesehatan Anda dan asma, juga, karena berfungsi sebagai antioksidan dan juga anti peradangan. Makan makanan pedas untuk kesehatan pernafasan juga dapat membantu membersihkan lendir yang disebabkan oleh alergi dan asma. Sumber-sumber lain dari vitamin C meliputi berikut ini :
  • Sayuran hijau gelap
  • Jambu
  • Paprika
  • Brokoli
  • Kembang kol
  • Kiwi
  • Jeruk
  • Stroberi

Anda juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C untuk kesehatan paru-paru jika anda tidak mendapatkan vitamin c yang cukup dari makanan yang Anda makan. Beberapa peneliti percaya ini dapat membantu menjaga saluran udara bekerja dengan baik dan bahkan dapat membantu mengurangi mengi, namun hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

Itulah 5 makanan yang baik untuk mengontrol penyakit asma, anda dapat mengonsumsinya sebagai upaya mencegah kambuhnya penyakit asma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar